Permintaan :
Suatu barang atau jasa yang ingin dibeli atau digunakan konsumen pada harga tertentu dan waktu tertentu.
Faktor - faktor permintaan :
- Harga barang
- Barang yang berkaitan
- Tingkat pendapatan
- Selera konsumen
- Perkiraan/Ekspektasi
"Semakin turun tingkat harganya maka semakin besar permintaannya, sebaliknya jika semakin tinggi tingkat harganya maka semakin rendah jumlah barang yang diminta."
Bunyi hukum permintaan diatas menjelaskan adanya hubungan bersifat negatif antara tingkatan harga dan jumlah barang itu sendiri. Tetapi hukum tersebut berlaku jika keadaan tidak berubah (dianggap tetap).
Penawaran :
Sebuah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada harga dan waktu tertentu.
Faktor - faktor penawaran :
- Harga barang
- Sumber produksi
- Tingkat produksi
- Perkiraan/Ekspektasi
"Semakin tinggi harga semakin banyak jumlah barang ditawarkan, semakin rendah tingkat harga semakin sedikit barang yang ditawarkan."
Bunyi hukum penawaran diatas menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan jumlah harga. Hukum berlaku jika faktor yang mempengaruhi penawaran tidak berubah.
Faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
PERMINTAAN
- Pelaku konsumen atau selera konsumen
- Pendapatan konsumen
- Harga barang / Jasa pengganti
- Perkiraan harga dimasa depan
- Banyaknya dan intensitas kebutuhan konsumen
PENAWARAN
- Biaya produksi
- Teknologi yang digunakan
- Pajak
- Tujuan perusahaan
- Perkiraan harga barang
- Ketersediaan barang pengganti/pelengkap
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang pengganti
PENENTUAN HARGA KESEIMBANGAN
Harga keseimbangan adalah harga dimana terbentuk pada titik kurva permintaan dan penawaran. Harga adalah perwujutan nilai tukar atas suatu barang atau jasa sebagai nilai objektif atas barang atau jasa. Keadaan keseimbangan dapat ditentukan secara matematis untuk memecahkan masalah persamaan permintaan dan persamaan penawaran.
Terbentuknya harga dan kuantitas
keseimbangan di pasar, merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen), dimana kuantitas yang diminta dan
ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya
titik keseimbangan ini akan bertahan lama, dan menjadi patokan pihak
pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga, sehingga terjadi
transaksi antara pembeli dan penjual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar