Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki
tujuan yang sama. Dalam sebuah organisasi yang dibutuhkan adalah visi dan misi
yang sama agar organisasi tersebut bias berjalan. Pendapat-pendapat dari setiap
orang didalam organisasi sangat penting untuk kemajuan suatu organisasi.
Ciri-ciri Organisasi Moderen
- Prinsip atau azaz organisasi
- Kecendrungan spesialis
- Unsur organisasi yg lengkap
- Penggunaan staf lebih intensif
- Pengolahan data semakin cepat
- Memperbesar organisasi
Unsur – unsur organisasi
- Manusia(man): di dalam sebuah organisasi, ketatalembagaan, ataupun kehidupan manusia adalah sebagai pegawai, manajer atau pun pimpinan. yang setiap tingkatan tersebut memiliki tugas yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pemimpin sebagai administrator, manajer yang memimpin sebuah unit, pegawai atau personel terdiri dari semua anggota organisasi
- Kerjasama (team work): suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Anggota organisasi dibagi menjadi beberapa kelompok dan dibagi sesuai fungsinya masing-masing.
- Tujuan Bersama: arah yang ingin dicapai sebagai tujuan bersama. tujuan adalah titik akhir dari apa yang direncanakan dan diharapkan oleh sebuah organisasi.
- Peralatan (equipment): adalah modal. berupa uang, barang atau pun saran dan lainnya.
- Lingkungan (environtment)
- Kekayaan Alam
- Kerangka atau konstruksi mental organisasi
Ciri Organisasi
- Tujuan yang sama
- Pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas
- Kerjasama
- Saran
- Keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
Teori Organisasi
- Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
- Teori Birokrasi
- Teori Administrasi
- Manajemen Ilmiah
- Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)
- Teori Organisasi Moderen
Menurut para ahli, organisasi didefinisikan sebagai
berikut :
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
http://ye2couple.wordpress.com/2011/09/23/pengertian-teori-organisasi-dan-unsur-unsurnya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar